BAB
IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Berdasarkan tujuan praktikum mengenai anova satu arah,
maka dapat diketahui ada atau tidaknya perbedaan dari rata-rata penjualan produk di 6 wilayah pada studi kasus
pertama dan ada atau tidaknya
perbedaan dari rata-rata hasil penjualan ooleh sales pada masing-masing produk
pada studi kasus kedua. Hal tersebut dapat diketahui dari kesimpulan terhadap hasil
perhitungan yang telah didapat. Hasilnya adalah sebagai berikut:
1.
F0 = 1,82429
F0,05 (5;54)
= 2,394
maka H0 diterima, jadi rata-rata penjualan produk di 6 wilayah adalah sama.

2.
F0 = 0,70081
F0,05 (3,46)
= 2,816 maka H0 diterima, jadi rata-rata hasil penjualan oleh sales pada masing-masing
produk
adalah sama.

Kesimpulan yang didapat dari keseluruhan
perhitungan adalah studi kasus
pertama dan kedua menyatakan rata-rata dari 6 dan
4 populasi dalam pengamatannya adalah sama dan tidak ada perbedaan. Studi kasus pertama dapat diketahui bahwa
pemasaran produk di 6 wilayah
berhasil dikarenakan rata-rata konsumen membeli produk PT. ELITE dengan jumlah yang sama, lalu dari studi kasus kedua
dapat diketahui bahwa hasil penjualan oleh sales pada masing-masing produk adalah sama yang
berarti cara marketting dan kualitas dari produk terjamin. Hasil dari
pengolahan anova satu arah tersebut dapat digunakan untuk pengolahan data lebih
lanjut sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam membuat kebijakan atau
keputusan.
4.2 Saran
Saran
yang diberikan kepada praktikan adalah dalam membuat studi kasus, harus terlebih
dahulu menentukan satu faktor yang mempengaruhi perbedaan rata-rata dari tiga
populasi atau lebih karena modul ini berkaitan dengan metode anova satu arah. Pengambilan
data atau estimasi data harus dilakukan dengan memperhatikan asumsi anova,
salah satunya yaitu data yang berdistribusi normal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar