Jumat, 06 November 2015

BAB IV
PENUTUP


4.1              Kesimpulan
Berdasarkan tujuan praktikum mengenai anova satu arah, maka dapat diketahui ada atau tidaknya perbedaan dari rata-rata penjualan produk di 6 wilayah pada studi kasus pertama dan ada atau tidaknya perbedaan dari rata-rata hasil penjualan ooleh sales pada masing-masing produk pada studi kasus kedua. Hal tersebut dapat diketahui dari kesimpulan terhadap hasil perhitungan yang telah didapat. Hasilnya adalah sebagai berikut:
1.      F0 = 1,82429  F0,05 (5;54) = 2,394  maka H0 diterima,  jadi rata-rata penjualan produk di 6 wilayah adalah sama.
2.      F0 = 0,70081  F0,05 (3,46) = 2,816  maka H0 diterima,  jadi rata-rata hasil penjualan oleh sales pada masing-masing produk adalah sama.
Kesimpulan yang didapat dari keseluruhan perhitungan adalah studi kasus pertama dan kedua menyatakan rata-rata dari 6 dan 4 populasi dalam pengamatannya adalah sama dan tidak ada perbedaan. Studi kasus pertama dapat diketahui bahwa pemasaran produk di 6 wilayah berhasil dikarenakan rata-rata konsumen membeli produk PT. ELITE dengan jumlah yang sama, lalu dari studi kasus kedua dapat diketahui bahwa hasil penjualan oleh sales pada masing-masing produk adalah sama yang berarti cara marketting dan kualitas dari produk terjamin. Hasil dari pengolahan anova satu arah tersebut dapat digunakan untuk pengolahan data lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam membuat kebijakan atau keputusan.

4.2       Saran
Saran yang diberikan kepada praktikan adalah dalam membuat studi kasus, harus terlebih dahulu menentukan satu faktor yang mempengaruhi perbedaan rata-rata dari tiga populasi atau lebih karena modul ini berkaitan dengan metode anova satu arah. Pengambilan data atau estimasi data harus dilakukan dengan memperhatikan asumsi anova, salah satunya yaitu data yang berdistribusi normal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar