Jumat, 06 November 2015

Anova 1-way BAB I

M.Isa / 36413009 - 3ID08 
Kelompok III


BAB I
PENDAHULUAN


1.1              Latar Belakang
Setiap perusahaan melakukan pengamatan mengenai berbagai aspek yang hendak diteliti atau diketahui. Hasil dari pengamatan yang dilakukan adalah berupa data populasi. Data populasi yang didapat tentu akan beragam rata-rata maupun variannya antara level yang satu dengan lainnya. Berdasarkan atas satu faktor yang diteliti, dapat diketahui apakah faktor tersebut berpengaruh secara sigifikan atau tidak.
Pengujian yang dilakukan adalah dengan menggunakan anova satu arah yaitu pengujian hipotesis beda tiga rata-rata atau lebih dengan memperhatikan satu faktor yang berpengaruh. Pengujian hipotesis anova satu arah yang dilakukan dapat diketahui rata-rata antar populasi sama atau tidaknya tapa mengabaikan signifikasi dari faktor yang bersangkutan.
Aplikasi nyata adalah pada PT ELITE yang menjual produknya diberbagai wilayah. Perusahaan tersebut ingin mengetahui apakah rata-rata penjualan produk di masing-masing wilayah sama atau tidak. Masalah lainnya adalah perusahaan ingin mengetahui apakah ada perbedaan hasil penjualan produk oleh sales pada masing-masing produk. Pengujian yang dilakukan adalah dengan menggunakan anova satu arah dikarenakan hanya satu faktor yang diteliti atau dianggap berpengaruh yaitu faktor wilayah dan sales. Hasil pengujian yang didapat akan digunakan untuk acuan dalam pemecahan masalah lainnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan misalnya untuk jumlah produksi dan lain sebagainya.

1.2              Perumusan Masalah
Perumusan masalah menjelaskan tentang permasalahan apa yang dihadapi dari sebuah percobaan yang dilakukan. Permasalahan tersebut mengenai bagaimana mengetahui ada atau tidaknya perbedaan dari rata-rata tiga populasi atau lebih serta pengujian hipotesis. Permasalahan tersebut berkaitan dengan kedua studi kasus. Permasalahan pada studi kasus pertama yaitu bagaimana mengetahui perbedaan rata-rata penjualan produk di 6 wilayah, serta pada studi kasus kedua yaitu bagaimana rata-rata hasil penjualan oleh sales pada masing-masing produk. Perumusan masalah berguna agar permasalahan pada studi kasus yang dibuat dapat diselesaikan.

1.3              Pembatasan Masalah
Pembatasan masalah digunakan sebagai sarana agar dalam pembuatan laporan akhir ini tidak menyimpang dari materi yang diberikan saat praktikum dan juga sesuai dengan permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Batasan-batasan masalah tersebut antara lain:
1.    Data sampel yang diambil berjumlah 60 data pada studi kasus pertama dan 50 data pada studi kasus kedua.
2.    Studi kasus pertama mengenai anova satu arah dengan jumlah sampel sama banyak dan studi kasus kedua mengenai anova satu arah dengan jumlah sampel tidak sama banyak.
3.    Pengambilan data dilakukan secara acak.
4.    Data yang diperoleh harus berdistribusi normal, yaitu dengan pengujian data sebelum dilakukan pengolahan data.
5.    Pengolahan data yang dilakukan terdiri dari perhitungan manual dan perhitungan software menggunakan aplikasi SPSS 16.0.

1.4              Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan pada pembuatan laporan akhir ini menjadi salah satu landasan tersusunnya laporan dan penyelesaian masalah-masalah yang dibahas, sehingga dapat memberikan solusi terhadap permasalahan pada studi kasus PT. ELITE. Tujuan penulisannya adalah sebagai berikut:
1.      Mengetahui rata-rata penjualan produk di 6 wilayah sama atau tidak.
2.      Mengetahui rata-rata hasil penjualan oleh sales pada masing-masing produk sama atau tidak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar