M.Isa / 36413009 - 3ID08
Kelompok III
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Setiap perusahaan melakukan
pengamatan mengenai berbagai aspek yang hendak diteliti atau diketahui. Hasil
dari pengamatan yang dilakukan adalah berupa data populasi. Data populasi yang
didapat tentu akan beragam rata-rata maupun variannya antara level yang satu
dengan lainnya. Berdasarkan atas satu faktor yang diteliti, dapat diketahui
apakah faktor tersebut berpengaruh secara sigifikan atau tidak.
Pengujian yang dilakukan
adalah dengan menggunakan anova satu arah yaitu pengujian hipotesis beda tiga
rata-rata atau lebih dengan memperhatikan satu faktor yang berpengaruh.
Pengujian hipotesis anova satu arah yang dilakukan dapat diketahui rata-rata
antar populasi sama atau tidaknya tapa mengabaikan signifikasi dari faktor yang
bersangkutan.
Aplikasi nyata adalah pada PT
ELITE yang menjual produknya diberbagai wilayah. Perusahaan tersebut ingin
mengetahui apakah rata-rata penjualan produk di masing-masing wilayah sama atau
tidak. Masalah lainnya adalah perusahaan ingin mengetahui apakah ada perbedaan
hasil penjualan produk oleh sales pada masing-masing produk. Pengujian yang
dilakukan adalah dengan menggunakan anova satu arah dikarenakan hanya satu
faktor yang diteliti atau dianggap berpengaruh yaitu faktor wilayah dan sales.
Hasil pengujian yang didapat akan digunakan untuk acuan dalam pemecahan masalah
lainnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan misalnya untuk jumlah produksi dan
lain sebagainya.
1.2
Perumusan Masalah
Perumusan masalah menjelaskan tentang permasalahan apa yang
dihadapi dari sebuah percobaan yang dilakukan. Permasalahan tersebut mengenai
bagaimana mengetahui ada atau tidaknya perbedaan dari rata-rata tiga populasi
atau lebih serta pengujian hipotesis. Permasalahan tersebut berkaitan dengan
kedua studi kasus. Permasalahan pada studi kasus pertama yaitu bagaimana
mengetahui perbedaan rata-rata penjualan produk di 6 wilayah, serta pada studi kasus kedua yaitu
bagaimana rata-rata hasil penjualan oleh sales
pada masing-masing produk. Perumusan masalah
berguna agar permasalahan pada studi kasus yang dibuat dapat diselesaikan.
1.3
Pembatasan Masalah
Pembatasan
masalah digunakan sebagai sarana agar dalam pembuatan laporan akhir ini tidak
menyimpang dari materi yang diberikan saat praktikum dan juga sesuai dengan permasalahan-permasalahan
yang dihadapi. Batasan-batasan masalah tersebut antara lain:
1.
Data sampel yang diambil
berjumlah 60 data pada studi kasus pertama dan 50 data pada studi kasus kedua.
2.
Studi kasus pertama mengenai
anova satu arah dengan jumlah sampel sama banyak dan studi kasus kedua mengenai
anova satu arah dengan jumlah sampel tidak sama banyak.
3.
Pengambilan
data dilakukan secara acak.
4.
Data yang
diperoleh harus berdistribusi normal, yaitu dengan pengujian data sebelum
dilakukan pengolahan data.
5.
Pengolahan data yang dilakukan
terdiri dari perhitungan manual dan perhitungan software menggunakan aplikasi SPSS 16.0.
1.4
Tujuan Penulisan
Tujuan
penulisan pada pembuatan laporan akhir ini menjadi salah satu landasan
tersusunnya laporan dan penyelesaian masalah-masalah yang dibahas, sehingga
dapat memberikan solusi terhadap permasalahan pada studi kasus PT. ELITE. Tujuan penulisannya adalah sebagai berikut:
1.
Mengetahui
rata-rata penjualan produk di 6 wilayah sama atau tidak.
2.
Mengetahui
rata-rata hasil penjualan oleh sales pada masing-masing produk sama
atau tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar